Email: inkubator.ppti@gmail.com    Alamat: Plaza UNY Lantai 4 Nomor 4.01

Profil

Logo ppti

SEJARAH PPTI

Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berperan di dalam proses implementasi karya inovasi dan inkubasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat (hilirisasi IPTEK) yang berkedudukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) berdasarkan Akta Notaris Hendry Samin, S.H, M.Kn dengan Legalitas Pendirian Nomor 06 Tanggal 15 Juni 2015. Pendiri PPTI ini adalah 5 orang tokoh masyarakat, pengusaha, dan akademisi yang mempunyai cita-cita yang sama untuk membangun kedaulatan ekonomi kerakyatan di Indonesia melalui daya dukung inovasi serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang dikuatkan dengan Keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ) kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan penting dari didirikannya PPTI ini adalah memfasilitasi inovator untuk mewujudkan inovasi teknologinya yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat melalui penggunaan teknologi ataupun inovasi. Filosofi yang dipegang oleh PPTI bersumber dari kearifan khazanah Jawa, yaitu “Urip iku kudu tansah murup lan nguripi” yang artinya kehidupan itu harus senantiasa menyala dan menerangi. Oleh karena itu, para pendiri PPTI selalu berusaha untuk membuat kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan menyalakan inovasi untuk masyakarat yang akan mampu menerangi peri kehidupan orang banyak.

Adapun 5 orang tersebut adalah Dr. Muhammad Bruri Triyono, M.Pd (Dekan Fakultas Teknik UNY), Rizky Hadi Oktia Venny (Alumnus S-1 Teknik Elektro FT UNY dan Mahasiswa S-2 Teknik Elektro ITS), Nova Suparmanto (Direktur PT. PMC Teknikindo dan Alumnus S-1 Teknik Informatika FT UNY), Adhita Sri Prabakusuma (Founder Koperasi Perikanan Desa Mina Gunungkidul, founder Prodi S-1 Teknologi Pangan FTI Universitas Ahmad Dahlan, dan Mahasiswa S-2 Teknologi Agroindustri UGM), serta Mahardika Fakhrudin Rois (Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI serta alumnus S-1 Teknik Kimia ITS).

Dalam proses pendiriannya, PPTI ini diawali dari rencana pembentukan panitia acara kompetisi hibah teknopreneurship untuk mahasiswa FT UNY pada tanggal 25 Juni 2013 yang kemudian bertugas melaksanakan Program Teknopreneurship Mahasiswa FT UNY pada tahun 2014 untuk menghasilkan para calon-calon juara wirausahawan inovatif mahasiswa dari FT UNY. Selanjutnya, atas kebijakan dari Dekan FT UNY yang dikuatkan dengan adanya dukungan dari Bapak Pudjianto Tirtomuljono yang pada bulan Februari 2015 menjadi salah satu pembicara di program technopreneurship mahasiswa FT UNY tersebut, maka akhirnya dari program tersebut bermetamorfosis secara formal menjadi lembaga inkubator bisnis teknologi pada tahun 2015 ini.

Pada awal pendiriannya di awal tahun 2015 ini, kegiatan PPTI ini meliputi Mentoring dan Pelatihan, Intermediasi, Start-up Business, komersialisasi produk inovasi, dan Industrialisasi yang masih dengan 2 tenant aktif. Kemudian, hingga penghujung tahun 2015 dikarenakan adanya performa bagus dari PPTI, akhirnya saat ini PPTI telah dipercaya oleh berbagai institusi (semisal: MOU kerjasama 5 tahun dengan UPT BPPTK LIPI, MOU kerjasama 5 tahun dengan Bali Industri Creative Center/BCIC Kemenperin RI, serta MOU kerjasama bisnis dengan BUMD DIY PT. Anindya Mitra International) dan telah memiliki MOU kerjasama dengan 13 UKM tenant aktif yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Boyolali, Surabaya, dan Sukabumi.

Tenant-tenant tersebut terbagi menjadi 5 kategori: (1) Machinery and Electronics, (2) Biotechnology and Agroindustry, (3) Food and Beverage, (4) Fashion and Arts, serta (5) IT and Digital Media. Omzet bisnis dari UKM tenant PPTI juga telah meningkat secara bervariasi dari yang awalnya Rp 3.000.000,-/bulan s.d Rp 8.000.000,-/bulan menjadi Rp 15.000.000,-/bulan s.d Rp 150.000.000,-/bulan. Hal ini merupakan buah sukses dari hasil kerja keras inkubasi bisnis teknologi yang dilakukan PPTI sepanjang tahun 2015 ini. Pada tahun 2016, PPTI akan mempersiapkan Trading Center Company sebagai sayap bisnis PPTI yang akan membantu PPTI dan tenant PPTI untuk memperluas pemasarannya skala nasional hingga internasional.