Email: inkubator.ppti@gmail.com    Alamat: Plaza UNY Lantai 4 Nomor 4.01

AM-CSP

AM-CSP adalah mikroorganisme aktif yang dikembangkan menggunakan bahan-bahan herbal. Pengembangan produk ini dilakukan sesuai dengan analisa kebutuhan yang dibutuhkan para petani, peternak, perikanan dan rumah tangga. Produk yang ekonomis, ramah lingkungan dan bermanfaat. Melalui AM-CSP diharapkan dapat mengubah maindset masyarakat tentang pentingnya penggunaan bahan herbal. Demi menjaga kelestarian alam dalam jangka waktu yang panjang. Harga produk bersaing dengan kompetitor. Dengan menggunakan AM-CSP dalam bertani, berternak, masalah perikanan, maupun pengolahan limbah rumah tangga akan menjadi mudah. Satu produk dapat digunakan untuk banyak sektor merupakan salah satu keunggulan AM-CSP.

Produk AM-CSP

Pengemasan AM-CSP menggunakan botol plastik kemasan 1 liter. Labeling pada botol kemasan dengan merk AM-CSP juga sudah dilakukan dengan mencantumkan kegunaan dan cara pemakaian produk. Hasil untuk hasil uji laboratorium terkait pengujian di lingkungan sesungguhnya sudah dilakukan dengan menggunakan AM-CSP pada beberapa sektor, diantaranya :

a. Pertanian

AM-CSP sudah dilakukan pengujian pada beberapa tanaman diantaranya cabai, sawo dan mangga. AM-CSP dipergunakan sebagai pupuk organik cair, dengan mencampurkan 100 ml AM-CSP dengan air sebanyak 5 liter. Kemudian campuran tersebut disiramkan ke tanaman tersebut. Penggunaan AM-CSP sebagai pupuk cair dapat dilakukan empat kali dalam satu bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa cabai berbuah lebih lebat, sementara sawo dan mangga berbuah tanpa mengenal musim dibandingkan tanpa menggunakan AM-CSP.

Aplikasi AM-CSP pada beberapa tanaman

 

b. Peternakan

AM-CSP sudah dilakukan pengujian pada beberapa ternak, diantaranya terhadap kambing. Caranya yaitu dengan mencampurkan 100 ml AM-CSP dengan air sebanyak dua liter. Kemudian air tersebut diminumkan kepada binatang ternak. Hasilnya menunjukkan bahwa kambing cepat gemuk, nafsu makan tinggi, dan kotoran tidak berbau dibandingkan tanpa menggunakan AM-CSP.

Aplikasi ke Peternakan

 

c. Perikanan

AM-CSP sudah dilakukan pengujian pada beberapa ikan, misalnya ikan nila. Caranya yaitu dengan melarutkan 250 ml AM-CSP dengan air sebanyak lima liter. Kemudian air tersebut dicampurkan ke dalam kolam ukuran 2 m x 1 m x 0,5m. AM-CSP dalam kolam ikan dapat merangsang tumbuhnya plankton dan mengurai kotoran ikan sehingga air tetap bersih dan terjaga kondisinya.

Aplikasi  ke Perikanan

Hasilnya menunjukkan bahwa pertumbuhan ikan baik dan lebih tahan terhadap penyakit, sehingga hasil panen ikan meningkat dibandingkan tanpa menggunakan AM-CSP.

 

Keunggulan/Keunikan Produk

Keunggulan AM-CSP adalah produk berupa mikroorganisme aktif all in one yang dapat digunakan dalam berbagai sektor, baik untuk pertanian, peternakan, perikanan, maupun dalam rumah tangga sekaligus. Sehingga memudahkan konsumen dalam penggunaannya. AM-CSP mudah digunakan untuk berbagai kebutuhan, aman, ramah lingkungan, dan berkualitas. Selain itu, harga AM-CSP sangat bersaing, hanya Rp 20.000,00 per liter dengan jaminan produk lebih berkualitas dari kompetitor. Dengan keunggulan tersebut, melihat prospek pasar yang sangat luas maka AM-CSP diprediksikan bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

 

Kegunaan Produk

Mendekomposisi bahan organik di dalam tanah. Merangsang perkembangan mikroorganisme lain yang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman, misalnya bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat dan mikoriza. Mikoriza membantu tumbuhan menyerap fosfat disekelilingnya. Ion fosfat dalam tanah yang sulit bergerak menyebabkan tanah kekurangan fosfat. Dengan AM-CSP pertanian hife mikoriza dapat meluas dari miselium dan memindahkan fosfat secara langsung kepada inang dan mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap tanaman. Melindungi tanaman dari serangan penyakit karena sifat antagonisnya terhadap pathogen yang dapat menekan jumlah pathogen di dalam tanah atau pada tubuh tanaman.

  1. Manfaat AM-CSP untuk Rumah Tangga

1)    Mengurangi bau sampah (disemprot/ dituangkan).

2)    Sebagai pengurai tinja/ septictank.

3)    Mengurangi bau selokan (disiram).

  1. Manfaat AM-CSP untuk Perikanan

1)    Meningkatakn pertumbuhan berat ikan.

2)    Meningkatkan daya tahan ikan  terhadap penyakit.

3)    Mengurangi penggunaan antibiotik pada ikan.

4)    Mengurangi stress pada ikan.

5)    Meningkatakn nafsu makan ikan.

6)    Efisiensi energi dan pengelolaan kualitas air.

7)    Memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar kolam.

8)    Meningkatkan oksigen terlarut dan menjadikan air yang kotor menjadi bersih.

9)    Menambah/ menstabilkan oksigen di air kolam.

10) Memperbanyak plangkton.

11) Aman dan ramah lingkungan.

12) Mempercepat masa panen.

13) Mengurangi bau air.

14) Mengurai amoniak di air kolam.

15) Dapat memaksimalkan protein yang dimakan ikan, sehingga ikan cepat menjadi besar, caranya pelet direndam pakai larutan AM-CSP kurang lebih 5 menit kemudian ditiriskan baru diberikan kepada ikan.

  1. Manfaat AM-CSP untuk Ternak

1)    Mengurangi bau pesing di kandang dan sekitarnya.

2)    Mengurangi stress pada ternak.

3)    Menyehatkan ternak.

4)    Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam perut ternak.

5)    Meningkatakan nafsu makan ternak.

6)    Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ternak.

7)    Menekan penyakit pada ternak.

8)    Meningkatkan laju pertumbuhan ternak (ayam, kambing, sapi, kerbau)

9)    Memperbaiki produksi telur baik jumlah maupun berat telur.

  1. Manfaat AM-CSP untuk Pertanian

1)    Untuk membuat pupuk kompos

2)    Untuk membuat pupuk organik cair (POC)

3)    Memperbaiki sifat fisik, kimia, biologi tanah.

4)    Meingkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi.

5)    Mempercepat proses pembuatan pupuk kompos.

6)    Menyediakan unsur hara.

7)    Meningkatkan keanekaragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah (mikroba pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, mikroba dll.)