cara memulai bisnis

Mau mulai usaha, budget minim?

Mau mulai usaha, budget minim? Atau bahkan tidak ada uang sama sekali?. Terkadang faktor ini menjadi alasan utama orang-orang takut memulai sebuah usaha. Untuk memulai sebuah usaha, sebenarnya tidak harus langsung membuka usaha yang besar dan modal yang besar pula, akan tetapi bisa membangun bisnis yang dimulai dari skala kecil.

Dalam konsep bisnis, hal yang terpenting adalah adanya pemasukan dari proses jual-beli baik berupa produk maupun berupa jasa. Impian semua orang pasti mengharapkan bahwasanya ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Usaha skala kecil yang dimaksudkan adalah usaha yang dubangun dengan investasi dana yang kecil. Pemaknaan kecil disini setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya. Namun mungkin banyak orang yang meragukannya, bagaimana cara membangun bisnis dengan modal kecil, ini ada beberapa tips-tips yang bisa dicoba :

  1. Mencoba realistis

Saat akan memulai usaha bisnis, cobalah untuk berfikir realistis. Kita pelajari bisnisnya dan rencanakan sejauh mungkin bisnisnya akan berjalan seperti apa. Jangan membangun bisnis hanya angan-anagn semata tanpa memikirkan kemungkinan terburuk. Jadi harus difikirkan secara logis sehingga bisnis itu bisa berhasil dan lancer.

 

  1. Jangan mengeksploitasi diri berlebih

Saat kita memulai usaha, biasanya kita tidak merekrut karyawan dikarenakan budget yang masih minim dan akhirnya kita memperkerjakan sendiri.

Meskipun demikian sebaiknya jangan membuat diri sendiri bekerja terlalu keras sehingga melupakan kesehatan dan kepentingan pribadi lainnya. Oleh karena itu kalian harus pandai membagi waktu agar tidak menggangu pekerjaan lainnya.

 

  1. Cari partner

Kegiatan bisnis adalah kegiatan yang beresiko, ketika salah dalam melangkah alhasil akan mengalami kerugian. Oleh karenanya perlu untuk mencari partner kerja untuk membantu pekerjaan anda. Apalagi bagi anda yang masih awam terkait kegiatan bisnis. Seorang partner bisa membantu mengurangi beban pikiran dan beban kerja, bisa jadi keuntungan yang didapatkan akan menjadi lebih besar.

 

  1. Mengetahui modal awal bisnis

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya mengetahui pembiayaan-pembiayaan yang ada pada bisnis tersebut, seperti sewa tempat, gaji karyawan, pembelian bahan baku, dll. Oleh karena itu anda bisa mengetahui dengan jelas biaya wajib modal bisnis yang akan diperlukan.

 

  1. Merekrut karyawan

Kegiatan bisnis adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, itu artinya banyak orang yang akan melakukan pekerjaan pada bisnis tersebut. Merekrut karyawan berbanding lurus dengan besarnya bisnis tersebut. Dalam merekrut karyawan harusnya sesuai dengan penempatan dan fungsinya. Jangan merekrut karyawan yang tidak membantu dalam kinerja bisnis, atau bahkan dapat merugikan bisnis anda.

 

  1. Melayani konsumen dengan baik

Meskipun anda mempunyai produk yang bagus, tetapi cara pelayanannya buruk, maka anda akan kesusahan mencari konsumen. Oleh karena itu pelayanan menjadi penting dalam proses hubungan dengan konsumen. Ajari karyawan anda tentang bagaimana melayani konsumen dengan ramah seperti 3S (salam, senyum, sapa).

 

(FF)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.