inkubasi bisnis dan akselerasi bisnis

Apa itu Inkubator Bisnis?

Bagi para pebisnis, terutama yang masih tahap-tahap “awal” memulai usahanya, Inkubator Bisnis merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan pilihan.

 

Memang, Inkubator Bisnis itu apa sih?

 

National Business Incubator Association (NBIA), mendefinisikan Inkubator Bisnis sebagai proses dukungan bisnis yang dapat mempercepat keberhasilan pengembangan startup dan perusahaan pemula dengan menyediakan berbagai sumber daya dan layanan yang diperlukan kepada para pengusaha. Layanan ini biasanya dikembangkan atau diatur oleh manajemen inkubator dan ditawarkan baik dalam Inkubator Bisnis itu sendiri dan melalui jaringan yang dimiliki oleh Inkubator Bisnis.

Program inkubasi yang diberikan pada umumnya adalah bagi startup company atau suatu perusahaan yang masih berada di tahap awal (early stage), umumnya adalah usaha baru ataupun telah berjalan kurang dari 2 tahun. Suatu studi penelitian di Amerika, dimana konsep ini lahir, menunjukan bahwa 87% dari usaha start-up yang melalui program inkubasi atau pembinaan dapat bertahan dan menjalankan bisnis mereka dengan baik.

 

Pada umumnya jasa / bantuan yang diberikan oleh inkubator bisnis adalah:

  • Akses dan bantuan permodalan
  • Membuka jaringan yang terkait dan dapat membantu perkembangan usaha tersebut
  • Pengembangan strategi pemasaran (marketing)
  • Membantu dalam manajemen akuntansi / keuangan
  • Mentoring dan pelatihan bisnis
  • Manajemen pengelolaan perusahaan dan budaya perusahaan
  • Memberi pengenalan dan penekanan atas etika bisnis
  • Memberikan informasi mengenai industri bisnis terkait secara umum
  • Membantu hal-hal terkait dengan regulasi

 

Pandangan Akselerator Bisnis

Fernando Sepulveda, pemimpin Impulsa Business Accelerator menuliskan sebuah artikel berjudul “The Difference Between a Business Accelerator and a Business Incubator?” yang membahas perbedaan antara Inkubator Bisnis dengan Akselerator Bisnis. Secara sederhana Fernando menjelaskan bahwa Inkubator Bisnis itu ibarat orangtua yang menyiapkan seorang anak menjalani masa kanak-kanaknya menuju masa remaja. Sedangkan Akselerator Bisnis ibarat menyiapkan anak remajanya menuju masa dewasa.

Lebih lanjut Fernando menjelaskan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi sebagian besar perusahaan yang beroperasi di ambang antara masa kanak-kanak dan remaja adalah cepat atau lambat, mereka terjebak di operasional harian dan lebih sering gagal untuk menerjemahkan perencanaan strategis jangka panjang dalam pengembangan bisnis. Selama fase ini, perusahaan dapat kehilangan value proposition-nya yang unik (identitas). Pada saat inilah kebanyakan program Inkubator Bisnis selesai, padahal perusahaan sedang membutuhkan bantuan tahap lanjut agar menjadi lebih kuat dan siap menjadi dewasa. Disinilah Akselerator Bisnis berperan.

Tahapan yang dilewati tenant dalam menjalankan program inkubasi adalah sebagai berikut:

  1. Seleksi calon tenant
  2. Penilaian ide bisnis
  3. Penilaian kelayakan rencana bisnis (business plan)
  4. Rancangan implemenasi
  5. Proses inkubasi

 

Hubungan dengan Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI)?

Berdasarkan semua penjelasan di atas, termasuk pandangan Fernando Sepulveda, Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) merupakan sebuah Inkubator Bisnis sekaligus Akselerator Bisnis. Jadi untuk Anda yang saat ini memiliki bisnis yang masih baru, jangan khawatir dengan ancaman kebangkrutan. Karena siapapun yang memiliki ide bisnis dapat bergabung dalam program awal PPTI untuk kemudian masuk bootcamp yang merupakan proses inkubasi. Setelah selesai proses inkubasi dan mendapatkan pendanaan dari investor, maka bisnismu akan masuk pada proses akselerasi bisnis.

 

Karena, apabila model bisnis Anda menarik, lembaga-lembaga inkubator bisnis tentu akan membantu pengembangan bisnis Anda. Tapi syaratnya tentu bisnis Anda harus unik, menarik serta inovatif. Semoga bermanfaat!

(bn)

 

https://hot.yukbisnis.com/inkubator-bisnis/

http://www.nbia.org/resource_library/what_is/index.php

http://www.impulsaglobal.com/business-acceleration-vs-business-incubator/

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.