tips memulai bisnis

5 TIPS DALAM MEMULAI BISNIS

Pebisnis adalah salah satu profesi yang diinginkan oleh semua orang. Pebisnis berarti menjadi orang yang memiliki kebebasan, kemerdekaan dan kewenangan sendiri dengan kata lain dia menjadi bos atas dirinya sendiri. Memulai sebuah bisnis di usia muda itu bukan merupakan keputusan sembrono atau nekat tapi melainkan sebuah keputusan yang bijaksana dan cerdas. Pebisnis bukan merupakan pekerjaan orang tua, tetapi melaikan pekerjaan yang dilakukan di usia muda dan dinikmati diusia tua. Sudah bukan zamannya lagi di hari tua menunggu belas kasihan pemerintah berupa uang pensiunan melainkan kita membuat sendiri uang pensiunan kita di usia muda. Pernyataan singkat yang mungkin masyarakat lupakan, yaitu “orang yang perlu dikasihani adalah orang miskin”. Itu hanya pernyataan singkat buat kalian yang menjadi generasi kuno sehingga bisa berubah.

Memutuskan untuk memulai bisnis, tidak semudah membalikan telapak tangan. Hal itu jelas, karena untuk meraih sesuatu yang besar perlu usaha yang besar. Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk memulai sebuah bisnis dari awal atau nol.

Startup Business Mapping

Berikut ini akan kami sedikit jabarkan 5 tips dalam memulai bisnis.

  1. Pilih bisnis yang benar-benar Anda kuasai

Dalam konteks ini Anda harus mengenali siapa diri Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan pada diri Anda sendiri, seperti berikut ini ;

Apa kesenangan Anda?

Apa karakter Anda?

Bagaimana kemampuan Anda?

Bagaimana passion Anda?

Apa yang menurut Anda keren?

Apa kebiasaan Anda?

Apa kebutuhan Anda?

Apa yang dibutuhkan orang lain dari diri Anda?

 

  1. Meminta bantuan dan dukungan dari orang lain

Bantuan dan dukungan merupakan hal yang penting dalam memulai bisnis walaupun hal tersebut bukan sesuatu yang mutlak dilakukan. Tetapi dengan adanya bantuan dan dukungan, pebisnis akan lebih semangat dalam bekerja, lebih yakin dalam mengambil langkah atau keputusan, dan yang tidak kalah penting bantuan dan dukungan akan lebih meningkatkan produktifitas dan efisiensi waktu dalam pekerjaan.

Dukungan dan bantuan ada yang berupa materi, non materi, ilmu, pengalaman, relasi dan pemantauan.

 

  1. Kenali setiap kesalah yang terjadi

Kesalahan dan kegagalan adalah kata-kata yang tidak pernah ingin didengar oleh semua orang, baik pebisnis atau pengusaha maupun yang lainnya. Sebagai seorang pebisnis, setiap kesalahan atau kegagalan harus dikenali dan dipelajari agar semua itu menjadi pelajaran berharga. Namun pelajaran berharga seperti itu tidak harus dari kesalahan atau kegagalan diri sendiri, tapi bisa dari kesalahan dan kegagalan orang lain. Itu lah mengapa di point 2 mengenai bantuan orang lain tersebut menjadi sangat penting walaupun tidak mutlak.

 

  1. Pastikan arah bisnis Anda jelas

Salah satu elemen penting untuk memulai bisnis adalah rensana bisnis. Secara umum, rencana bisnis harus menggariskan tujuan bisnis dan motivasi, rencana dalam pengadaan, pemasaran dan pendanaan. Rencana bisnis juga harus menyajikan gambaran bisnis dalam jangka pendek dan jangka panjang. Hal itu dikarenakan untuk mempermudah kita dalam melakukan semuanya berdasarkan tahapannya.

 

  1. Nikmati suka-duka, naik-turun, jatuh dan bangun dalam berbisnis

Dalam dunia bisnis, keadaan suka-duka, naik-turun, jatuh dan bangun pasti akan terjadi. Adakalanya kita akan mengalami keuntungan yang besar, tingkat produktifitas yang tinggi, dan semua rencana dapat tercapai dengan baik dan tepat waktu. Namun adakalanya juga hal tersebut hal tersebut berjalan sebaliknya, kita mengalami kerugian, produktifitas rendah, dan semua rencana gagal atau tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Tetapi kita harus tetap fokus dan tidak henti-hentinya melakukan evaluasi, eksplorasi serta inovasi agar meminimalisir terjadinya resiko-resiko yang tidak diinginkan. Seperti sebuah cerita tentang bagaimana Thomas Alva Edison dapat menemukan sebuah lampu yang sekarang menjadi penerangan tambahan kita dimana pun dan dalam waktu kapanpun. Beliau mengalami banyak kegagalan sampai akhirnya bisa menemukan sebuah lampu listrik. Semangat itu lah yang bisa kita ambil, untuk mendapatkan sebuah keberhasilan yang luarbiasa maka akan jutaan kegagalan yang akan siap menemaninya.

Jangan takut buat bagi yang ingin memulai bisnis karena sudah banyak cara untuk menghindari bahkan menghadapi kegagalan tersebut.

 

Sumber : STRATEGI MANAJEMEN BISNIS Penerbit INSPIRA RESERCH CENTER

 

(whp)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.