PELATIHAN DAN SOSIALISASI DANA PERPAJAKAN

Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) menggelar pelatihan dan sosialisasi kewajiban perpajakan bagi seluruh tenant anggota pada Jumat, 28 Juli 2017 yang dilakukan di Campus Inn Hotel. Tujuan diadakan kegiatan sosialisasi tersebut adalah agar seluruh anggota dapat memahami adanya kewajiban perpajakan dengan baik dan benar.

Pemaparan materi mengenai kewajiban perpajakan dilakukan oleh Munawar Almansur, pegawai KPP Pratama Sleman. Dalam pemaparannya, Munawar menyampaikan bahwa tugas bendahara PPTI terkait dengan perpajakan adalah meliputi: mendaftarkan diri ke KPP Pratama masing-masing, menghitung dana tau memotong/memungut pajak yang harus dibayar, menyetorkan pajak yang telah dihitung dan dipungut/dipotong ke Kas Negara, serta melaporkan penghitungan dan pemungutan atau pemotongan ke KPP.

“Karena dana perusahaan yang diperoleh dari Pemerintah pada dasarnya bersumber dari dana pajak yang kita peroleh dari masyarakat, maka seyogyanya dana tersebut dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya, termasuk kewajiban perpajakannya”, tegas Munawar.

Munawar juga menyampaikan tentang tata acara perhitungan pajak beserta tarif untuk setiap jenis pengeluaran yang dibiayai dengan dana pemerintah, seperti pajak yang terkait dengan pembayaran gaji atau upah untuk tenaga kerja, pembelian alat tulis atau bahan bangunan, maupun belanja konsumsi rapat.

Tak hanya pemberian materi, kegiatan ini juga diramaikan oleh tanya jawab yang ternyata sangat ditunggu oleh peserta. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan teknis yang mendetail terkait dengan permasalahan mereka mengenai pemungutan dana pajak.

Manajer Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) 2017, Satyaguna Rakhmatulloh, M.Sc., mengucapkan banyak terima kasih kepada Munawar Almansur dan para peserta yang berkenan hadir dengan harapan dapat menambah pengetahuan mengenai penerimaan pajak.

Menutup acara Ficky Fristiar, S.Pd., selaku ketua PPTI memberikan sertifikat dan kenang-kenangan kepada Munawar Almansur. (bn)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.