teknik marketing yang mendukung bisnis

8 Teknik Marketing yang Mendukung Bisnis

Teknik Marketing

Apa itu marketing ? kebanyakan dari kita mungkin menganggap marketing itu hanya sebatas penjualan saja. Kita punya produk, kemudian kita jual kepada customer. Itu anggapan sebagian orang tentang marketing. Padahal marketing lebih dari sekedar “menjual produk”.

Marketing berbeda dengan selling. Dari segi namanya keduaya sangat berbeda. Selling mempunyai kata dasar sell yang artinya menjual. Selling berarti proses penjualan.sedangkan marketing berasal dari kata market yang artinya pasar. Dengan kata lain marketing adalah proses pemasaran. Maka marketing lebih dari sekedar proses menjual saja. Kita bisa mengartikan marketing sebagai suatu proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia dengan cara membuat suatu produk.

Produk yang bagus jika tidak didukung dengan teknik marketing yang baik tidak akan bisa menghasilkan uang, akan tetapi produk yang biasa saja kalau ditunjang dengan teknik marketing yang matang akan dapat menghasilkan pundi pundi rupiah yang banyak.

Berikut adalah 8 teknik marketing yang dapat menunjang bisnis anda

  1. Cause marketing

Memberikan alasan kepada pelanggan agar mereka bersedia membeli produk yang anda jual. Langkah awal, coba renungkan apa inti dari bisnis anda. Kemudian, cari manfaat apa dari bisnis anda yang dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan sambil melibatkan para pelanggan secara langsung dalam kampanye produk anda.

  1. Relationship Marketing

Membangun relasi dalam berbisnis ternyata jauh lebih penting daripada hanya sekedar menjual produk kepada pelanggan. Mulailah untuk membangun relasi lebih dalam dengan pelanggan. Pelaggan yang merasa menjadi bagian dari perusahaan akan merasa senang mengeluarkan uangnya untukmembeli produk-produk terbaru dan lebih mencintai brand tersebut.

Tidak jarang pelanggan tersebut akan senantiasa membeli produk anda secara online tanpa datang ke tempat, serta mengikuti perkembangan brand. Selain itu pelanggan akan merekomendasikan brand anda ke teman terekatnya. Jadi, jaga hubungan baik dengan pelanggan.

  1. Transactional Marketing

Menaikan penjualan merupakan sebuah perjalanan menantang bagi setiap seles atau penjual, terutama bagi pebisnis dengan produk yang stabil penjualannya di masyarakat. Agar penjualan tersebut terus stabil dan bahkan meningkat, maka pebisnis harus berpikir lebih kreatif agar bisa memenangkan hati pelanggan.

Salah satu cara umum adalah dengan memancing para pelanggan untuk membeli menggunakan kupon dan diskon. Mengadakan promo pembelian serta acara pada waktu tertentu juga merupakan ide bagus . umumnya, para pengusaha berskala besar mengadakan acara promosi secara rutin untuk mengundang para pelanggan lama agar selalu mengunjungi toko mereka.

  1. Scarcity Marketing

Jika produk anda adalah produk yang diproduksi secara terbatas & unik maka teknik ini cocok untuk anda. Dalam beberapa pasar, sangat penting untuk mengontrol berapa banyak produk tersebut dapat diedarkan di masyarakat pada waktu tertentu. Biasanya, produk buatan tangan dan produk berkualitas tinggi menerapkan cara ini karena sulit untuk mendapatkan bahan mentah sebagai baguan dari produksi. Hanya pelanggan tertentu saja yang memiliki akses untuk membeli produk ini.

Terkadang marketer juga menerapkan teknik ini untuk membuat para pembeli lebih penasaran terhadap produk mereka. Sehingga, permintaan akan semakin meningkat dan harga ditawarkan juga lebih bagus.

  1. Viral marketing

Dizaman dimana sosial media menjadi kebutuhan bagi setiap orang menggunakan teknik ini akan lebih efektif. Teknik ini dilakukan dengan membuat sebuah video yang sangat unik dan membuat para pelanggan ingin membagikan video ini kepada orang lain. Jika video tersebut terkenal, akan banyak orang yang membahas tentang produk tersebut dan produk anda akan menjadi perhatian banyak orang.

  1. Diversity Marketing

Ciptakan sebuah produk yang dapat memenuhi segala kebutuhan pelanggan dari berbagai segmen, budaya, ras, kepercayaan, dan lainnya. Jangan mengkotak-kotakkan pelanggan karena hal ini akan menghambat perkembangan bisnis kamu pula. Contoh yang paling mudah adalah brand air mineral. Apabila produk anda diperlukan oleh semua orang, tentu saja penjualan akan sangat tinggi.

  1. Undercover Marketing

Jika produk anda berupa buku atau film maka teknik ini yang cocok untuk anda. Terkadang menyimpan beberapa informasi rahasia tentang spesifikasi produk yang sebenarnya dapat menimbulkan rasa penasaran dan membuat pelanggan ingin membuat produk tersebut. Contohnya adalah trailer film di bioskop, umumnya dapat membuat penonton penasaran dengan keseluruhan kisahnya dan pergi ke bioskop untuk menyaksikan film secara langsung.

  1. Email Marketing

Di era sekarang hampir setiap orang memiliki email, dan ini merupakan peluang bagi setiap pengusaha untuk memasarkan langsung produk ke pelanggan melalui email. Dengan menggunakan email marketing biaya promosi akan cenderung menjadi lebih kecil. Permasalahannya adalah bagaimana cara mendapatkan email pelanggan. Di beberapa perusahaan mereka menggunan led magnet untuk menarik pelanggan dan membuat mereka secara sukarela memberikan email. Lead magnet umumnya berbentuk bermacam-macam, seperti ebook gratis, diskon, video/webinar, dan lainnya.(ctr)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.