Langkah Penting Menyusun Business Plan yang Baik

Business Plan adalah dokumen rencana bisnis yang formal dan tertulis mengenai perencanaan bisnis, strategi bisnis dan cara mencapai tujuan dalam berbisnis yang perlu dipersiapkan oleh seseorang atau kelompok orang sebelum mendirikan suatu usaha/ perusahaan.

Fungsi dan Tujuan Utama Business Plan

  1. Merencanakan tujuan utama perusahaan yang akan dicapai baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Perencanaan Metode dan Strategi yang ditempuh perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan produktifitas.
  3. Sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha.
  4. Memberikan gambaran umum kepada investor tentang kondisi perusahaan saat ini dan periode yang akan datang berdasarkan data aktual sehingga memberikan keyakinan kepada mereka tentang seberapa besar tingkat keuntungan dan nilai resiko terhadap investasi.

Langkah-langkah menulis business plan

Langkah 1: Mengenal Bisnis Anda

Pelajari dan pahami secara menyeluruh dan mendalam mengenai bentuk, potensi dan segala tantangan yang ada pada bisnis Anda. Dalam tahap ini Anda bisa menggunakan teknik analisa SWOT yang telah kita bahas sebelumnya. Anda bisa mempelajari hal-hal terkait bisnis ini dengan banyak cara seperti membaca buku dan referensi lain, bertanya dan berdiskusi pada ahli atau orang yang telah melakukannya sebelum Anda dan lainnya.

Langkah 2: Tentukan Visi Dalam Business Plan

Visi merupakan pandangan jauh tentang tujuan dan sasaran perusahaan memang harus dimiliki seluruh pebisnis skala besar hingga skala kecil. Dengan adanya visi yang jelas, maka Anda tak akan kesulitan nantinya dalam merancang alur dari rencana bisnis Anda. Nyatakan visi bisnis dan perusahaan Anda dengan bahasa dan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Langkah 3: Tentukan Audiens Anda

target audiens yang tepat, maka Anda bisa menyesuaikan konten business plan Anda dengan baik dan benar. Misalkan business plan untuk investor, maka Anda harus menyusun rencana bisnis tersebut dengan lebih serius, mendalam dan profesional.

Langkah 4: Tuliskan Rencana Bisnis Anda

  1. Pernyataan Misi. Jelaskan satu hingga tiga paragraf singkat berisi misi dan tujuan bisnis Anda, tuliskan pula prinsip-prinsip yang dianut bisnis Anda serta menyatakan keunikan atau unique selling point (USP) yang membedakan antara perusahaan atau bisnis Anda dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.
  2. Ringkasan Efektif. Tulislah sebuah ringkasan singkat satu sampai dua halaman dari bisnis Anda. Dengan adanya ringkasan, maka pembaca termasuk investor akan dimudahkan untuk melihat potensi bisnis Anda dengan cepat dan efektif. Sebaliknya, tanpa ringkasan, pembaca akan cepat merasa bosan dan jenuh.
  3. Penawaran Produk atau Jasa. Tulis deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan lengkap dengan harga yang Anda jual.
  4. Target Pasar. Jangan lupa juga untuk menuliskan target atau segmentasi pasar yang akan Anda sasar pada bisnis Anda. Tunjukkan bagaimana target pasar Anda akan membeli apa yang Anda tawarkan.
  5. Marketing Plan. Tuliskan pula rencana atau strategi pemasaran bisnis pada business plan Anda. Jelaskan secara rinci bagaimana biaya pemasaran, alasan pemilihan strategi pemasaran serta target capaian dari strategi pemasaran tersebut.
  6. Analisis Industri dan Tingkat Persaingan.Tuliskan analisis yang lengkap dan menyeluruh terhadap bidang bisnis Anda berserta kompetisi atau tingkat persaingan dari bisnis Anda.
  7. Laporan Keuangan. Hal ini berisi tentang apapun terkait pembiayaan atau modal serta pendapatan yang ada pada bisnis Anda. Jika bisnis Anda telah berjalan beberapa tahun, maka cantumkan saja laporan keuangan neraca, laba rugi, arus kas, dan perubahan modal dari bisnis Anda kepada calon investor.
  8. Resume of Company Principal. Penjelasan tentang struktur karyawan di perusahaan Anda juga bisa Anda tulis. Sertakan biografi dan latar belakang profesional dari semua karyawan yang signifikan dalam bisnis Anda.
  9. Penawaran Anda. Tulislah penawaran serta paket-paket investasi yang Anda miliki pada calon investor.
  10. Lampiran

Business Plan yang baik adalah berisikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan mengenai rencana kerja, target perusahaan untuk masa yang akan datang, evaluasi terhadap kinerja usaha yang telah dicapai, serta rencana investasi serta sumber permodalan untuk ekspansi usaha.

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.