Selamat Hari Krida Pertanian, Terus Tingkatkan kualitas dan kuantitas Pertanian Indonesia!

Hari Krida Pertanian yang ditetapkan pada 21 Juni dengan pertimbangan dari segi astronomis bahwa pada tanggal tersebut matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuhan, hewan dan manusia, berada pada garis balik utara (23,50 LU) dimana pada saat itu terjadi pergantian iklim yang  seirama dengan perubahan–perubahan usaha kegiatan pertanian merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri  serta  hari dharma bhakti.  Setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah seperti  bumi, air, matahari,  iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral-mineral yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Selanjutnya bermohon agar pada tahun-tahun  berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggungjawab untuk tetap melestarikannya.

Hari  Krida  Pertanian  juga  merupakan hari  berbangga  hati  atas  prestasi  dan  hasil  yang diperoleh  setelah  setahun  penuh bekerja  tanpa mengenal  lelah, sehingga  mampu  menghasilkan bahan  pangan  untuk  memenuhi  kebutuhan  segenap  masyarakat  dan  bahkan  untuk  di  ekspor  guna menghasilkan devisa yang diperlukan bagi pembangunan. Hari Krida Pertanian  juga  termasuk  hari  mawas  diri  dengan  melihat  kekurangan  dan kelemahan-kelemahan yang dihadapi masa lampau untuk selanjutnya mengusahakan perbaikan dan peningkatan dalam menghadapi masa mendatang.

Kebanyakan petani Indonesia bertumpu pada pasokan eksternal berupa bahan-bahan kimia buatan seperti pupuk dan pestisida, yang membawa manusia kepada pemikiran untuk tetap mempertahankan penggunaan masukan dari luar sistem hayati. Penggunaan bahan kimia dalam pertanian modern dapat membahayakan kehidupan manusia dan lingkungannya berupa pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Pertanian tradisional bertumpu pada pasokan internal tanpa pasokan eksternal menimbulkan kekhawatiran, berupa rendahnya tingkat produksi pertanian yang jauh di bawah kebutuhan manusia. Hal tersebut menjadikan sektor pertanian Indonesia mengenal akan pertanian modern.

Tujuan pertanian modern diantaranya yaitu untuk memacu hasil produksi pertanian dengan menggunakan teknologi modern, menghasilkan bahan pangan yang bermutu dengan memperhatikan hasil panen yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta terdapat peningkatan teknologi pertanian yang efektif dan efisien

Dampak positif dari diterapkannya pertanian modern di Indonesia yaitu tingginya nilai ekspor hasil pertanian di Indonesia yang mempertimbangkan kualitas dan kuantitas produk pertanian yang baik degan optimalisasi konsep usaha tani dalam sebuah sistem terpadu yang mampu melingkupi semua sektor termasuk sektor industri, dan mengaitkannya menjadi sebuah rantai perekonomian Indonesia.

Sistem agribisnis menerapkan konsep pertanian modern yang merupakan sistem yang terdapat keterkaitan erat antar subsistem, mulai dari hulu hingga jasa penunjang dan juga penopang satu sama lain. Maka hadirlah konsep yang lebih konkrit dan komprehensif untuk pengembangan sektor pertanian ke arah yang lebih baik. Adanya sistem ini pengembangan komoditas-komoditas pertanian Indonesia pun menjadi lebih fokus, karena setiap komoditas memiliki subsistem agribisnis yang berbeda-beda. Hal ini juga dapat mampu menggerakkan pemerintah untuk lebih giat mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap pertanian rakyat dan dunia perbankan, ini agar lebih “ramah” terhadap petani dalam hal kredit. Kedua kondisi ini masuk sebagai salah satu subsistem agribisnis yaitu subsistem jasa penunjang yang bergerak bersama-sama subsistem yang lainnya.

Dengan diperingatinya Hari Krida Pertanian, diharapkan sektor pertanian akan semakin maju dan berkembang dengan adanya pertanian modern yang dapat memberikan banyak dampak positif bagi hasil pertanian Indonesia.

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.