Memperingati Hari Media Sosial dengan Menjadi Digitalpreneur

Hari Media Sosial diperingati setiap tanggal 10 Juni dan dicetuskan oleh Handi Irawan D. pada tahun 2015. Pada hari ini, setiap masyarakat atau pelaku usaha dapat menyampaikan berbagai inspirasi serta informasi tentang media sosial yang telah memberikan perubahan pada kehidupan.

Media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dengan menggunakan teknologi berbasis web sehingga dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Media sosial yang kini menjadi alat komunikasi penting dalam sudut pandang gaya hidup jaman modern dan telah memberikan perubahan besar pada cara berkomunikasi serta berbagi informasi terlebih pada bidang bisnis. Salah satu peran media sosial dalam dunia bisnis yang efektif adalah sebagai alat promosi produk karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas.

Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Menurut blog Daily Social https://dailysocial.id media sosial yang paling efektif untuk dijadikan lahan mendatangkan konversi penjualan yaitu:

  1. Facebook

Bagi pelaku bisnis online tingkat lanjut tentu sudah paham atau bahkan mungkin sudah merasakan manisnya menggarap bisnis online melalui jejaring sosial ini. Ada tiga metode yang dapat Anda olah sehingga promosi di Facebook menjadi efektif. Pertama, dengan membuat akun yang sedikit banyak berkaitan dengan produk yang Anda jual, jika Anda sudah memiliki akun maka modifikasi nama Anda sehingga mewakili produk yang Anda tawarkan. Kedua, buat fanpage dengan nama produk atau brand website. Ketiga, membuat grup sebagai tempat promosi tambahan.

  1. Twitter

Facebook dan Twitter saat ini merupakan dua seteru abadi yang saling bersaing tapi juga saling mendampingi. Bagi penjual online, tidak afdol rasanya jika menggarap Facebook tapi melupakan Twitter. Namun karena keterbatasan fitur di dalamnya, maka yang perlu Anda genjot di jejaring sosial ini adalah jumlah follower tertarget. Wanita usia muda cenderung lebih gemar belanja, jadi upayakan untuk lebih banyak berinteraksi di seputar dunia wanita. Tetapi tergantung produk yang Anda jual, jika pasarnya lebih cocok untuk pria maka lakukan sebalikya.

  1. Instagram

Instagram menawarkan layanan utama melalui perangkat mobile berupa aplikasi. Tetapi uniknya Instagram terhubung langsung ke akun Facebook Anda. Jadi apabila akun Facebook sudah dikenal dan mempunyai banyak teman, maka tidak sulit untuk melakukan promosi via Instagram demi mendapatkan penjualan.

  1. YouTube

Youtube merupakan situs untuk berbagi video. Oleh karena itu situs ini sangat efektif untuk menaikkan brand-brand produk anda seperti produk ternama dunia Microsoft, Samsung, Apple, Lenovo dan lain-lain. Semua memanfaatkan situs ini untuk mempromosikan produk buatan mereka. Yang perlu dilakukan adalah mengemas sebuah video yang semenarik mungkin agar pengunjung dapat mengetahui detail produk, kelebihan, dan jangan lupa untuk menyertakan deskripsi singkat di bagian yang sudah disediakan. YouTube lebih tepat digunakan sebagai sarana promosi baris kedua, dimana biasanya para pelaku bisnis online menyisipkan tautan web penjualan utama di bagian deskripsi atau berupa anotasi di dalam video.

Media sosial merupakan perantara yang sangat efektif bagi pebisnis untuk mempromosikan produknya pada zaman serba berteknologi ini. Oleh karena itu, untuk para wirausahawan maupun pebisnis baik pemula maupun profesional perlu diaplikasikan tips-tips kecil kami ini sehingga dapat meningkatkan penjualan anda. (slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.