Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Pengusaha pemula yang hendak membuka bisnis pasti menghadapi tantangan, rintangan, dan juga hambatan yang menghadang di depan kita untuk mencapai sebuah kesuksesan bisnis. Dewa Eka Prayoga dalam bukunya 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula menjelaskan kesalahan fatal yang sering dihadapi oleh pengusaha pemula.

  1. Asal Action. 1-asal-actionDalam melaksanakan ide bisnis tidak boleh asal-asalan. Untuk memulai bisnis diperlukan kesiapan yang matang. Hal tersebut merupakan bekal dalam menghadapi tantangan dan resiko yang dihadapi kedepannya. Apabila bisnis dilakukan dengan asal-asalan, tentunya tidak adakn menyadari resiko yang ada sehingga mental dan fisik tidak siap menanggung.
  1. Cuman ikut-ikutan. 2-ikut-ikutanMembuka bisnis yang lagi booming merupakan pilihan yang salah. Pengusaha pemula yang membuka bisnis ketika bisnis tersebut booming memiliki kemungkinan bertahan sangat kecil. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya pengetahuan yang dimiliki mengenai bertahan dalam bisnis. Sehingga banyak bisnis yang hanya ikut-ikutan tersebut meredup dan gulung tikar.
  1. Cepat Percaya. 3-gampang-percayaKurangnya teman dalam berdiskusi memicu seseorang untuk masuk dalam jebakan penipuan. Hati-hati dengan teman baru yang bersedia menjadi investor akan tetapi mengajukan agunan tertentu. Sering kali ketika dalam kepuasan mendapatkan investor sehingga lengah dan tidak berhati-hati, sehingga barang agunan dibawa kabur oleh seorang penipu. Berhati-hatilah untuk percaya pada teman baru.
  1. Ingin Cepat. 4-ingin-cepatBisnis perlu proses yang cukup panjang. Jalan kesuksesan seperti titian tali yang harus dilewati, apabila tergesa-gesa dan hanya menginginkan proses yang cepat akan berdampak pada hasil yang diperoleh. Sangat mustahil ketika membuka bisnis dan langsung merasakan kesuksesan tanpa adanya kerja keras.
  1. Banyak Gaya. 5-banyak-gayaJangan terlena dengan hasil yang telah didapatkan. Ketika bisnis masih pada level start up, gunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis, bukan untuk berfoya-foya atau banyak gaya.
  1. Gampang Ngutang. 6-mudah-hutangTidak ada yang salah dengan berhutang. Akan tetapi, harus mengetahui kemampuan finansial dan kegunaan uang tersebut. ketika seorang pengusaha pemula lebih condong terus menghutang, secara tidak langsung bunga yang tertumpuk akan semakin tinggi. Jikalau bisnis berjalan lancar, maka itu merupakan keuntungan. Dan apabila bisnis tidak lancar, hal yang akan terjadi yaitu kebangkrutan.
  1. Buta Finansial. 7. Buta FinansialSebagai pengusaha pemula, pastikan telah memiliki bekal ilmu keuangan. Banyak pengusaha pemula yang kurang memahami ilmu keuangan sehingga ketika permasalahan keuangan datang, masalah tersebut tidak teratasi. Mencampur adukkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis merupakan kesalahan yang fatal. Pengelolaan keuangan bisnis yang buruk akan berdampak pada bisnis yang dikelola.

Penjabaran mengenai kesalahan fatal pengusaha pemula ini, dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam memulai bisnis maupun mengembangkan bisnis. Semoga 7 kesalahan fatal pengusaha pemula ini dapat diantisipasi dan tidak dilakukan oleh pengusaha muda Indonesia. (NN)

Referensi :

  1. How to Start a Business!, Ensiklopedia Rahasia Bisnis Online By Inspira Book.

 

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.