Dasar Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis tidaklah sama dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis mencakup komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Dalam dunia bisnis sering terjadi kesalahpahaman akibat tidak berjalannya komunikasi bisnis yang baik, sehingga komunikator yang baik tidak hanya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik melainkan mampu menggunakan berbagai alat atau media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan bisnis secara efektif dan efisien.

Bentuk dasar komunikasi bisnis adalah komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan cara tertulis dan ataupun lisan. Penyampaian pesan melalui komunikasi tertulis ataupun lisan bertujuan agar penerima pesan dapat membaca atau mendengar apa yang dikatakan pihak lain dengan baik. Komunikasi bisnis akan efektif tergantung kepada kemampuan seseorang untuk mengirim dan menerima pesan. Secara umum orang akan mengirim pesan adalah dengan tulisan dan lisan, sedangkan menerima pesan dengan membaca dan mendengarkan. Contoh dari komunikasi verbal adalah surat penawaran, surat penolakan, pelatihan atau briefing.

images

Komunikasi non-verbal adalah bentuk komunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat melalui ekspresi wajah, bahasa sandi, simbul-simbul, warna dan intonasi suara. Tujuan komunikasi non-verbal diantaranya memberikan informasi, mengatur alur percakapan, mengekspresikan emosi, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal, mempengaruhi orang lain serta memudahkan tugas khusus.

images (1)

Proses komunikasi yang baik diantaranya, pengirim mempunyai ide atau gagasan; pengirim mengubah ide menjadi pesan; pengirim menyampaikan pesan; penerima menerima pesan; penerima menafsirkan pesan; serta penerima menyampaikan umpan balik.

Dalam proses komunikasi sering adanya kesalahpahaman yang disebabkan adanya faktor-faktor yang menghambat, baik dari pihak pengirim ataupun penerima diantaranya masalah dalam mengembangkan pesan, masalah dalam menyampaikan pesan, masalah dalam menerima pesan dan masalah dalam menafsirkan pesan.

Hal-hal yang dapat dilakukan ketika hendak memperbaiki komunikasi agar tercipta komunikasi yang efektif yaitu menyamakan persepsi antara pengirim pesan maupun penerima pesan, ketepatan mengekspresikan sesuatu sesuai dengam apa yang ada dalam kerangka berfikir bersama, kredibilitas, keyakinan bahwa audiens adalah dapat dipercaya dan bagi pengirim harus menyakini inti pesan yang akan disampaikan, pengendalian, terhadap reaksi audiens terhadap pesan yang disampaikan, keharmonisan, saling meghormati kekurangan dan kelebihan kedua belah pihak.

Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan berbagai cara, antara lain membuat pesan secara lebih rinci dan berhati-hati, meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi dan mempermudah upaya umpan balik.

Manfaat komunikasi bisnis yang baik dapat mengatasi gangguan kesalahpahaman yang mungkin terjadi dalam dunia bisnis. Sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam mencapai tujuan yang hendak dicapai. (Nn)

Referensi :

Drs. Suwardi Prawirohartono,M.M.2015.Modul Praktikum Komunikasi Bisnis.Sekolah Vokasi Program Diploma Ekonomika dan Bisnis.UGM

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.