Astrobike Produk Karya Mahasiswa Technopreneur UNY

Rabu, 25 Mei 2016 I Gede Dangin, mahasiswa Technopreneur binaan Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta bersama timnya memperkenalkan karya inovasi Astrobike sepeda listrik sebagai produk usaha teknologi (technopreneur) dalam acara BIG BANG! SHOW Kompas TV.

IMG-20160527-WA0015BIG BANG! SHOW lahir sebagai salah satu program inspiratif yang tak sekedar berhenti sebagai kisah di buku atau koran, sebaliknya menjadi sebuah kiblat gerakan yang mengkampanyekan perubahan sosial.

IMG-20160522-WA0023Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta ini terundang dalam acara BIG BANG! SHOW dengan pemandu acara Andy F. Nova ditemani oleh Billy Boen dan Ben Soebiakto yang mengangkat tema “Anak Muda Berkarya dan Memberi Dampak Sosial”.

IMG-20160527-WA0025Dalam acara BIG BANG! SHOW kompas TV, yang tayang Minggu, 20.00 WIB, Dangin bersama kawan-kawannya menjabarkan produk inovasi yang telah mereka ciptakan.

Lahirnya Ide Astrobike

Karya berawal dari kebutuhan pribadi yang tidak memiliki sepeda motor dan akhirnya muncul ide untuk menciptakan sepeda agar memiliki kemampuan yang sama dengan motor ini cukup menarik. Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd.,M.A. pun sangat tertarik untuk mencoba sepeda Astrobike dan berkeliling di dalam GOR UNY saat Pameran Dies Natalis 52 pada 21 Mei lalu.

DSC01474“Keunggulan Astrobike sendiri adalah ada pada double system charging, lock system dan system monitoring base on android, astrobike apllication, dan beberapa fitur lain yang ditawarkan. Inovasi generasi muda berpengaruh terhadap kemajuan tanah air. Teknologi demi teknologi mulai menjadi fokus Indonesia sebagai tuntutan kebutuhan zaman. Semoga semua pihak dapat bersama-sama membangun bangsa” ujar Dangin.

IMG-20160527-WA0025Andy F. Nova, Billy Boen dan Ben Soebiakto sangat terkesan dengan karya inovasi Dangin. Mereka menyarankan untuk terus berinovasi dan secepatnya membuat hak paten Astrobike agar tidak ditiru dan didahului oleh orang lain. Astrobike akan segera dikomersialkan agar masyarakat luas mengetahui karya inovasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Astrobike didemonstrasikan sebagai inovasi sepeda listrik yang dikendalikan dengan ponsel android sehingga Andy F. Nova pun tertarik untuk mencobanya.

IMG-20160527-WA0015Harapannya, dengan mengundang inovator Astrobike dalam acara BIG BANG! Show kompas TV ini dapat mengajak anak muda untuk bergerak menjadi pejuang sosiopreneur, penemu dan inovasi perubahan di segala bidang dari seluruh penjuru tanah air. (Nn)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.