6 Kunci Entrepreneur

Kesuksesan sebagai seorang entrepreneur dapat diukur dari kesiapan dalam memulai bisnis. Jackie Ambadar, Miranty Abidin dan Yanty Isa, dalam buku Membentuk Karakter Pengusaha menjabarkan mengenai 6 Kunci Sebagai Entrepreneur.

  1. Siapkan Nyali Anda! Dalam dunia bisnis harus siap dengan semua tantangan dan resiko yang akan ditemukan nantinya. Keberanian dalam menghadapi semua permasalahan bisnis akan menentukan kesuksesan.
  2. Cintailah Bidang Usaha yang Anda Lakukan. Hal yang terpenting di dalam hidup adalah memutuskan apa yang paling penting. Nilai pribadi yang penting adalah Cinta. Dengan rasa cinta pada bisnis yang dilakukan, maka seorang entrepeneur akan terbebas dari keragu-raguan dalam pengambilan keputusan.
  3. Memiliki Daya Juang Tinggi. Keberhasilan dalam dunia bisnis akan terwujud apabila adanya semangat daya juang dan komitmen tinggi. Ketatnya persaingan bisnis menuntut seorang entrepreneur untuk terus berjuang dan berusaha dalam memajukan usaha serta memanfaatkan peluang.
  4. Berpikir Positif. Mulailah usaha dengan berpikir akan kesuksesan. Berpikir positif berperan aktif mendiagnosis tingkat kemajuan diri dalam bisnis. Hal tersebut dapat memotivasi diri untuk bekerja lebih giat dan menjadikan diri tidak mudah putus asa.
  5. Terfokus. Fokuslah kepada target yang akan diraih. Semakin fokus pada hasil yang diperoleh, maka akan mempermudah kemajuan dan kesuksesan pada usaha yang dikelola.
  6. Kekuatan Tim SDM (Sumber Daya Manusia). Ken Blanchard, Sheldon Bowles, Don Carew, dan Eunice Parisi-Carew, dalam bukunya High Five: The Magic of Working Together, menunjukkan bahwa tim adalah kunci agar organisasi menjadi efektif saat ini, tanpa kolaborasi dan keterampilan untuk bekerja di dalam tim, kecil kemungkinan tergapai kesuksesan. Tujuh karakteristik kunci menciptakan kinerja tim yang tinggi :
  • Purpose and Value/ Tujuan dan nilai-nilai: Memilki tujuan yang kuat dan serangkaian nilai-nilai yang sama. Memilki visi yang kuat. Sasaran dicetuskan, peran diperjelas dan strategi dikembangkan dari tujuan dan nilai-nilai yang disetujui bersama.
  • Empowerment/ Pemberdayaan. Berkeyakinan mempunyai kemampuan yang tinggi dalam menghadapi masalah. Berbagi informasi, pengetahuan dan saling membantu. Kebijakan, peraturan, dan prosedur memudahkan mereka melaksanakan tugas. Memilki otoritas bertindak dan mengambil keputusan dan pilihan dengan batasan-batasan yang jelas.
  • Relationship and Communication/ Hubungan dan Komunikasi. Berkomitmen untuk berbagi informasi. Mereka tidak harus saling mengasihi tetapi harus saling menghormati, menghargai, dan saling peduli. Mendengar lebih penting daripada berbicara. Perbedaan benar-benar dihargai, karena kreativitas bersumber dari perbedaan. Menyadari kekuatan dan kelemahan diri. Membangun kepercayaan dan penerimaan. Peduli dan saling bergantung dengan kebersamaan tinggi.
  • Flexibility/ Fleksibilitas. Anggota tim saling bergantung dan menyadari bahwa mereka semua bertanggung jawab terhadap kinerja tim, perkembangan dan kepemimpinan. Kepemimpinan berubah beradasarkan kebutuhan. Beradaptasi terhadap perubahan kondisi.
  • Optimal productivity/ Produktivitas optimal. Produktivitas optimal tercermin dari jumlah dan kualitas tugas yang diselesaikan. Berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik. Ada komitmen untuk standard dan kualitas tinggi. Mengembangkan metoda efektif proses pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.
  • Recognition and appreciation/ Pengakuan dan penghargaan. Pengakuan dan penghargaan adalah cara yang ampuh untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja. Pengakuan meningkatkan perilaku, membangun keyakinan, dan meningkatkan perasaan dihargai dan keberhasilan. Pengakuan pribadi dan tim sama pentingnya.
  • Morale/ Semangat.Semua anggota antusias melakukan pekerjaan mereka, bangga terhadap hasil yang dicapai. Bangga menjadi anggota tim. Percaya diri dan optimis akan masa depan.

Referensi :

  1. Jackie Ambadar,Miranty Abidin,Yanty Isa PT Mizan Publika. 1 Okt 2010.Membentuk Karakter Pengusaha.
  2. Putu Sudira.Leading at a Higher Level Konsep Blanchard dalam kepemimpinan dan bagaimana menciptakan perusahaan berkinerja tinggi.UNY

 

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.