Seminar Nasional Dunia Industri

PPTI.or.id – Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia  (PPTI) bersama Bursa Kerja Khusus (BKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Seminar Dunia Industri dengan tema “Peningkatan Daya Saing SDM Industri Untuk Berkompetisi Secara Global Di Era MEA 2016”. Tujuan kegiatan ini adalah membuka wawasan peserta mengenai tantangan dunia industri di Indonesia, mempersiapkan skill and knowledge peserta untuk siap menghadapi MEA 2016 dan membuka jaringan pelaku usaha maupun pengusaha multinasional dibidang industri.

Peserta Seminas Nasional mayoritas berasal dari mahaisswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Adapun mahasiswa di luar UNY seperti dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, UPN, UGM dan BLK Surakarta. Seminar Nasional Dunia Industri diadakan pada tanggal 23 April 2016 di ruang sidang utama rektorat UNY yang dibuka oleh Bapak Dr. Mochamad Bruri Triyono selaku dekan FT UNY serta dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya Bapak Dr. Giri Wiyono, M.T selaku Wakil Dekan III dan Ibu  Hening Harjanti, S.Pd selaku Bidang Kemahaisswaan FT UNY. Setelah itu satu persatu pembicara memaparkan materinya yang dimulai dari Bapak Darwoto selaku Ketua HRD Kawasan Industri MM2100 dan Ibu Listiyaningsih, S.Pd dengan topik pembahasan “Perkembangan Standar Kompetensi SDM Industri yang Dibutuhkan di Era MEA 2016”.

Pembicara kedua adalah Bapak Simon Kuncoro Pakar Enggineering Procurement Construction dengan topik pembahasan “Engineering, Procurement and Construction Sebagai Upaya Efektifitas Pembangunan Industri Rancang Bangun Indonesia di Era MEA 2016”. Pembicara ketiga adalah Ibu Dra. Hj. Wardjinem selaku owner Perusahaan Training dan Penyalur Tenaga Kerja dengan topik pembahasan “Menciptakan SDM Industri yang Berdaya Saing Kompeten dan Tersertifikasi”. Pembicara ke empat adalah Bapak Akhiri Nakagawa selaku Pakar Quality Assurance dengan topik pembahasan “Quality Assurance Sebagai Peningkatan Produk Hasil Industri yang Berdaya Saing Global”.

Selain itu, dalam Seminar Nasional Dunia Industri tersebut dihibur oleh band Coffee Break. Hiburan ini diadakan untuk membuat suasana seminar menjadi lebih semangat dan tidak monoton. Harapan kami dengan adanya seminar dunia kerja tersebut dapat menambah wawasan dan memberikan bekal bagi peserta bagaimana kondisi lingkungan dunia industri sebenarnya. (slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.