Kunci Keberhasilan Entrepreneurship

Dunia entrepreneurship tidak terbatas. Apapun bisa dijadikan peluang untuk bisnis seperti produk yang dilihat biasa, akan menjadi bernilai jual lebih apabila jatuh ketangan entrepreneurship.

Pengertian Entrepreneurship menurut Zimmerer yang dialih bahasakan oleh Buchari Alma (2007:67) mengemukakan bahwa Entrepreneur merupakan satu kelompok yang mengagumkan, manusia kreatif dan inovatif. Mereka merupakan bahan bakar pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena ia memiliki kemampuan berfikir dan bertindak produktif (sumber:http://soddis.blogspot.co.id/).

entrepreneur-sukses
http://cdn.bisnisukm.com/

Entrepreneurship merupakan kegiatan individual atau kelompok yang berani menanggung resiko untuk membuka usaha baru dengan mengembangkan usaha tersebut dalam bidang produksi atau distribusi barang atau jasa dengan maksud memperoleh keuntungan (laba).

9-3
http://explore22.com/

Berikut resensi tulisan dari blog bisnisikanlele.blogspot.co.id tentang ciri-ciri yang melekat pada jiwa entrepreneur yaitu:

  1. Commitment, memiliki niat yang kuat dan tidak ada kata menyerah dalam menghadapi tantangan.
  2. Confidence, percaya diri dan memiliki keberanian untukmengambil keputusan dan berani mengambil segala resiko (konsekuen).
  3. Coorperative, terbuka dan mau bekerja sama dalam mengembangkan
  4. Care, sangat perhatian terhadap segala hal walaupun hal yang kecil.
  5. Creative, tidak puas hanya dengan apa yang ada. selalumencari terobosan baru Berpikir divergen, yaitu mencari alternatif-alternatif  yang lebih baik lagi.
  6. Challenge, tidak melihat setiap kendala atau masalah sebagai hambatan,  tetapi melihatnya sebagai persyaratan untuk maju.
  7. Calculation, Setiap tindakan atau keputusannya didasarkan pada perhitungan yang objektif, nalar, dan faktual.
  8. Communication, dalam upaya mengembangkan usahanya, perlu adanya menjalin komunikasi, mengembangkan jaringan informasi untuk memperbanyak dan memperluas jaringan kerjanya (networking).
  9. Competiveness, senang pada kompetisi karena dengan berkompetisi, dia dapat mengetahui posisi usahanya, mengetahui keadaan  pasar, dan sekaligus belajar dari para pesaing.
  10. Change, mereka tidak takut terhadap perubahan, bahkan mereka adalah orang-orang yang senang terhadap perubahan, memiliki semangat untuk berubah (spirit of  change) karena sadar bahwa tidak ada yang abadi, segala sesuatunya berubah dan mengalir.
Motivasi Kunci Sukses Dalam Hidup Wirausaha
1.bp.blogspot.com

Selain itu untuk mencapai suatu keberhasilan entrepreneurship sangat tergantung pada kemampuan pribadinya sebagai pemimpin yang mempunyai visi dan tujuan yang jelas, bersedia untuk mengambil resiko uang dan waktu, berencana dan terorganisir, kerja keras sesuai dengan tingkat kepentingannya, mengembangkan hubungan yang baik dengan pelanggan, distributor maupun karyawan. (Slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.