Ayo Daftar Google Science Fair 2016, Kami Siap Membantu

PPTI.or.idGoogle Science Fair merupakan kompetisi sains online terbesar di dunia, dengan ribuan pendaftaran datang dari 90 negara tahun lalu. Google Science Fair mengundang pelajar muda, usia 13-18 tahun, dari seluruh dunia untuk membawa ide inovasi, riset, maupun proyek inspiratif mereka menuju panggung global.

Acara internasional ini bekerjasama dengan LEGO Education, National Geographic, Scientific American dan Virgin Galactic, kompetisi ini memberikan peluang bagi anak-anak muda untuk mengejar minat dan impian mereka dalam bidang sains dan teknologi. Tema tahun ini adalah “Everything’s Better with Science.”

Tahun lalu, Google Science Fair 2015 menerima ribuan pendaftaran dari 90 negara, di mana India, Amerika, Brazil, Turki, dan Inggris menjadi lima negara dengan jumlah pendaftar terbanyak. Negara yang pada tahun lalu mengirimkan pendaftaran untuk pertama kalinya adalah Slovakia, Lithuania, Bosnia, Herzegovina, dan Mesir.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui situs www.googlesciencefair.com dan akan ditutup tanggal 17 Mei 2016. Semua pelajar berusia 13-18 tahun dari seluruh dunia memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. Dari semua pendaftar yang masuk, panitia akan memilih 100 pelajar sebagai finalis regional, yang kemudian akan disaring lagi menjadi 16 finalis global yang akan diterbangkan ke kantor pusat Google di Mountain View, California memasuki tahap final. Berbagai beasiswa dan hadiah lainnya diberikan jika ide yang diajukan terpilih. Untuk membaca lebih lanjut mengenai kompetisi ini, cara mendaftar, hadiah, dan informasi lainnya, kunjungi situs resmi di atas.

Beberapa hadiah yang diberikan tahun ini, di antaranya beasiswa US$ 50 ribu dari Google untuk mendukung edukasi Pemenang Grand Prize Google Science Fair 2016. Sementara Scientific American akan memberi US$ 15 ribu dan mentorship selama 1 tahun kepada pemenang The Scientific American Innovator award. Pemenang juga akan dibawa berlayar (cruise) menuju sebuah benua sebagai pengalaman mengeksplor sesuatu yang baru. Hadiah ini ditujukan untuk membantu pemenang mengembangkan proyek dan pendidikannya.

Ide untuk membangun Google ini datang melalui sebuah eksperimen, dan dengan Google Science Fair, semoga bisa menginspirasi lebih banyak eksplorasi sains di kalangan anak muda, meningkatkan akses terhadap pendidikan, dan berkontribusi terhadap usaha memecahkan berbagai tantangan dunia saat ini melalui sains dan teknologi. Indonesia perlu lebih banyak para pemikir, inovator, maupun teknopreneur muda yang berperan dalam pembangunan ekonomi berbasis pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan. Tumbuhnya para inovator dan kreator muda berbasis digital tersebut akan mampu memperkuat daya saing hasil karya teknologi Indonesia di tingkat internasional.

“Kami berharap ada perwakilan dari Indonesia yang bisa membawa idenya ke panggung global! Kami siap memfasilitasi dan mendampingi para siswa/i Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas atau sederajat se-Indonesia yang akan mengikuti acara internasional tersebut.”, ucap Adhita Sri Prabakusuma, Plt. Direktur PPTI FT UNY.

Silakan layangkan surat resmi dari sekolah kepada Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan ditembuskan ke kantor Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) Fakultas Teknik UNY yang beralamat di Gedung KPLT Lantai II Sayap Barat, Kampus Fakultas Teknik UNY, Jl. Colombo Nomor 1, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55281. Info tentang kami selengkapnya dapat dibaca pada website resmi kami di www.ppti.or.id. [adh]

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.