Program PPTI FT UNY di Awal Tahun 2016

Di awal tahun 2016, Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta terus menerus berusaha mengembangkan dan melebarkan sayap di dunia sosial, bisnis dan pendidikan. Tujuan luhur yang dijadikan parameter setiap langkah Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY adalah membangun kedaulatan ekonomi kerakyatan di Indonesia melalui daya dukung inovasi serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang dikuatkan dengan Keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini menjadi dasar pembuatan visi Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY, yaitu “Trusted Technopreneur Incubator Which Have Global Competence in Grass Root Understanding Culture” yang artinya Sebagai Inkubator Teknopreneur Terpercaya yang Memiliki Kompetensi Global dalam Memahami Budaya Akar Rumput secara khusus di Tanah Air Indonesia.

Program Pusat Teknopreneurship Indonesia Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY di awal tahun 2016 ada 3, yaitu:

  1. Pelatihan Vocational Training Center (VTC) yang bekerjasama dengan PT. Tripadu Prima Transmeka dan Yayasan Kerta Mentas Mandiri. Yayasan Kerta Mentas Mandiri merupakan suatu lembaga yang mengarah kepada pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan terutama dalam bidang sosial yaitu, dengan pemberian beasiswa. Pemberian beasiswa ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk meningkatkan level pendidikan yang lebih tinggi. Dalam peningkatan level pendidikan yang lebih tinggi, perlu keahlian dan kompetensi supaya dapat meciptakan lapangan pekerjaan, dapat meningkatkan daya saing masyarakat dan kemandirian. Untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian setiap pembelajar dapat didukung oleh adanya pelatihan. pelatihan tersebut fokus pada pelatihan Vocational Training Center (VTC) pada pendidikan kejuruan. Hal ini sejalan dengan PT. Tripadu Prima Transmeka yang bekerjasama dengan Pusat Teknopreneurship Indonesia Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY mengenai pelatihan Vocational Training Center (VTC) pada pendidikan kejuruan. Program ini direncanakan akan direalisasikan pada bulan Februari 2016.
  2. Program Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat nasional untuk siswa SMA sederajat yang bekerjasama dengan Kabupaten Bangka Tengah dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Program Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini diadakan untuk menyelaraskan peristiwa “Gerhana Matahari Total” di Bangka Tengah sekaligus sebagai puncak acara lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Bangka Tengah.
  3. Community Development Program. Program pemberdayaan atau pengembangan masyarakat akan diterapkan daerah Kaliurang D.I. Yogayakarta yang merupakan program berbasis kemasyarakatan dan sosial. Sistem pelaksanaannya adalah pemberdayaan dan pembinaan masyarakat dalam bidang peternakan.Pembinaan akan dilakukan oleh Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY secara berkala pertahun. Dalam program ini diharapkan masyarakat Kaliurang D.I. Yogyakarta yang dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai dan sangat subur dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya sehingga dapat meningkatkan kemandirian masyarakat terlebih dalam bidang ekonomi.

IMG_20160120_160541

Ketiga program tersebut diharapkan menjadi langkah awal Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY untuk terus mengembangkan diri sebagai lembaga swadaya masyarakat yang berperan di dalam proses implementasi karya inovasi dan inkubasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat (hilirisasi IPTEK). Selain itu, kerjasama dalam bidang pendidikan yaitu pelatihan atau Vocational Training Center (VTC) yang dilakukan kebeberapa yayasan dan perusahaan yang berkedudukan sebagai lembaga pendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat yang membutuhkan untuk meningkatkan daya saing serta kemandirian masyarakat. (Slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.