Monitoring dan Evaluasi Inkubasi Bisnis Teknologi 2015 Oleh Kemenristekdikti

Inkubasi Bisnis Teknologi merupakan layanan pengembangan usaha (business development) untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baru. Selain itu Inkubasi bisnis teknologi juga untuk mencetak Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Program tersebut bertujuan untuk  meningkatkan produktivitas dan dayasaing dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi. Terwujudnya PPBT tersebut tidak lepas dari peranserta lembaga inkubator yang berfungsi sebagai lembaga pendamping dan pembimbingan.

Proses Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) terbukti menjadi salah satu strategi yang dapat mendorong lahirnya perusahaan dan wirausaha inovatif baru. Pematangan konsep teknis dan bisnis selama masa inkubasi membuat tingkat risiko kegagalan bisnis dapat diminimalisir. Proses Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) menggabungkan tiga kategori layanan yaitu  konsultasi bisnis, dukungan teknis dan pengembangan jaringan. Selain itu, selama proses inkubasi, para tenant saling berinteraksi, saling membantu dan berbagi pengalaman sehingga inkubator bisnis ini menjadi tempat yang kondusif untuk tumbuhnya usaha baru.

Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY merupakan lembaga inkubator dan CV Holstein Indonesia sebagai tenant yang mengikuti program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) dari  Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Ristek. Sebagai tahap akhir program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) adalah monitoring dan evaluasi tenant dan inkubator. Monitoring dan evaluasi dilakukan agar dapat diketahui capaian yang telah dilakukan selama ini. Di samping itu, evaluasi juga bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan pengelolaan kegiatan, manajemen dan output pelaksanaannya serta permasalahan yang dihadapi oleh inkubator dan tenant, untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi kinerja program dan kegiatan selanjutnya.

IMG-20151208-WA0007Monitoring dan evaluasi (Monev) Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) dilakukan bersama-sama oleh Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY selaku inkubator dan CV Holstein Indonesia sebagai tenant. Tempat monitoring dan evaluasi  berada di dua tempat yang berbeda. Pertama monev dilaksanakn di kantor Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY dan di pabrik CV Holstein Indonesia, Boyolali.

IMG-20151207-WA0018Manfaat Monitoring dan evaluasi (Monev)  ini bagi inkubator dan tenant adalah mengetahui seberapa jauh ketercapaian yang dilakuakan selama proses IBT berlangsung sehingga dapat meningkatkan kinerja segala sesuatu yang kurang atau perlu diperbaiki. (Slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.