Presentasi Pimpinan PPTI Dalam Pekan Teknologi UPT BPPTK LIPI Gunungkidul

Acara Pekan Teknologi UPT BPPTK LIPI Gunungkidul di mulai dari tanggal 2 – 3 November 2015. Tema acara Pekan Teknologi UPT BPPTK LIPI adalah “Sinergi AGBC (Academic Government Business and Community) Untuk Mendukung Hilirisasi Hasil Riset”.  Sinergi tersebut merupakan kegiatan sarana untuk melakukan pemasyarakatan IPTEK dan sosialisasi layanan jasa teknologi-IPTEK kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut Manajer Intermediasi dan Pengembangan Bisnis Industri dan Manajer Program PPTI FT UNY Adhita Sri Prabakusuma, S.P., bersama Nova Suparmanto, S.Pd memberikan presentasi tentang “Membangun Identitas Brand Online Untuk Produk Lokal” kepada para UKM undangan dari UPT BPPTK LIPI. Sajian presentasi tersebut lebih pada strategi pemasaran atau marketing online.

IMG_20151103_134838Hampir 80% pengusaha offline mengatakan hal-hal seperti ini “Bisnis saya sudah berkembang dengan sangat pesat, saya tidak punya waktu, saya tidak mengerti internet, mereka yang internet-an adalah orang yang kurang kerjaan dan pengangguran jadi saya tidak membutuhkan marketing online”. Selain itu hampir 80% pengusaha online yang gagal mengatakan “Saya sudah bertahun-tahun mencoba dan gagal, mahal, bikin pusing jadi saya ga mau lagi nyoba-nyoba internet marketing”.

Adapun keunggulan dari bisnis online sendiri adalah on 24 x 7 jam non stop, investasi dan operasional lebih murah dan keunggulan lainnya yang bisa dicari lewat google. Strategi dalam membangun indentitas brand online dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini: Desain logo dan tagline yang sesuai dengan bisnis anda, Alat marketing yang sesuai untuk meningkatkan brand anda di mata publik, Ciptakan pesan yang membuat orang ingin menyebarkannya (Viral), Customer Relationship Management (CRM), Be Consistent. Contoh marketing pada sektor pakan ternak adalah virtual identity (website bisnis), online marketing (paket kerjasama bisnis mikro) dan subcon perusahaan (distributor produk ternak).

IMG-20151103-WA0027Program PPTI seperti mentoring, intermediasi, star up dan incubation serta scal up  merupakan induk salah satu langkah-langkah tersebut yang PPTI terapkan pada tenant kami dalam pengembangan teknoprener suatu bidang usaha. (Slh).

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.