Prestasi Ketua PPTI Bersama Tim Dalam Pembuatan BE-Money Sistem Keamanan Berbasis Android

Ketua Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY Rizky Hadi Oktia Venni bersama Tim memenangkan Juara 3 dalam presentasi yang berjudul  “BE-Money (BI E-Money) Sebagai Sarana Pembayaran Non Tunai Berbasis RFID Dengan Sistem Keamanan Berbasis Android”  yang dilaksanakan di Jakarta.

BE-Money adalah One Card Multi Transaction. BE-Money hanya menggunakan satu kartu untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. One Card ini bertujuan agar masyarakat tidak perlu menggunakan kartu terlalu banyak dalam melakukan transaksi. BE-Money memiliki sistem keamanan atau Android Protection Sistem yang ada pada aplikasi android dengan sistem login setiap transaksi, sehingga penggunaan BE-Money dapat memonitori transaksi dengan aman karena hanya pengguna ID yang dapat melakukan transaksi. Perangkat ini juga Low Bandwidth yaitu perangkat sederhana yang menggunakan konektifitas wi-fi, sehingga infrastruktur di daerah-daerah pedesaan dapat menggunakan perangkat yang diberi nama “Box R-SIM”. Pengguna BE-Money mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi karena BE-Money memberikan fitur “Notification System” dimana akan ada pemberitahuan di setiap transaksi yang dilakukan pengguna BE-Money.

Selain itu BE-Money sangat User Friendly karena aplikasi ini merupakan teknologi android yang mudah digunakan. Hampir setiap orang mampu menggunakan aplikasi android sehingga BE-Money didesain dengan fitur berupa aplikasi android yang mudah digunakan untuk segala kalangan jadi setiap pengguna bisa menggunakannya. BE-Money merupakan Simple Product karena menggunakan perangkat sederhana berbasis RFID yang mampu dijadikan pusat transaksi non tunai dengan komunikasi Interface Nircable berbasisi android. BE-Money mempunyai sistem pembayaran yang dilakukan ditempat umum berupa mesin penjual atau yang diberi nama “BE KIOS”.

Berikut adalah Keunggulan sistem BE-Money  (1) Smart Device yaitu transaksi dapat dimonitoring melalui android dengan sistem notification dari transaksi belanja sampai transaksi penggunaan transportasi umum. (2) Security System yaitu pengguna mendapatkan layanan blokir transaksi yang tidak dilakukan oleh pengguna melalui android. (3) Integration System yaitu seluruh sisitem yang terintegrasi dengan database sistem sehingga pengguna mendapatkan report dari seluruh aktifitas transaksi.

Tujuan pembuatan sistem Be-Money adalah membantu mempercepat laju perekonomian negara dengan pembenahan sistem transaksi non tunai.

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.