Menjadi Mahasiswa Ideal Sebagai Bekal Membangun Nusantara Di Masa Depan

Pada hari Sabtu 24 Oktober 2015, Manajer Inkubator Bisnis Teknologi PPTI FT UNY yaitu Adhita Sri Prabakusuma, S.P menjadi narasumber dalam Kuliah Tokoh yang bertajuk “Mempersiapkan Diri dan Spirit Mahasiswa untuk Turut Serta Membangun Nusantara di Masa Depan” di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Islam Indonesia (24/10). Beliau memaparkan bahwa, Indonesia memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah tetapi, kurang maksimal dalam pemanfaatan serta pengolahannya.

IMG-20151024-WA0013Dalam rangka bersaing di dunia global masih perlu diperkuat pondasinya salah satunya dengan cara mempersiapkan pemuda yang dapat menciptakan perubahan signifikan dari segi sosial, ekonomi, budaya, maupun politik. Kunci utama dalam menghadapi tantangan global adalah membangun daya saing nasional. Selain itu, diperlukan strategi nasional yang mengutamakan kemajuan IPTEK dan penciptaan keunggulan kompetitif, meliputi kreatifitas dan inovasi melalui penciptaan nilai tambah yang tinggi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). Oleh karena itu, penting bagi pemuda untuk turut memajukan dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia melalui penguasaan penelitian IPTEK yang terintegrasi dengan bidang sosial, ekonomi, budaya maupun politik. Kemajuan IPTEK pun sangat mempengaruhi perkembangan perekonomian suatu bangsa. Hal tersebut yang menjadikan suatu negara disebut negara maju.

Dalam memajukan hasil olahan Sumber Daya Alam (SDM)  Indonesia memerlukan modal yang dapat digunakan dasar membangun perekonomian Indonesia. Hasil Survei Pusat Data Dan Analisis Tempo (PDAT) sepanjang Desember 2006 sampai Januari 2007, memaparkan ada 10 karakter penting yang dijadikan modal di masa depan, yaitu: (1) mau bekerja keras, (2) percaya diri, (3) punya visi ke depan, (4) mampu bersosialisasi dan bekerja dalam tim. (5) mampu kepercayaan matang, (6) berfikir analitis, (7) mudah beradaptasi, (8) mampu bekerja dalam tekanan, (9) kemampuan bahasa Inggris, serta (10) mampu mengorganisir pekerjaan.

Untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas, seseorang mahasiswa harus mampu menjalankan aktifitas akademis dan non akademis, serta tidak hanya memfokuskan diri untuk menekuni kegiatan perkuliahan saja tetapi juga, mengikuti aktifitas non akademis seperti berorganisasi, mengikuti perkembangan informasi dan sebagainya. Mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang punya mimpi dan keyakinan, menghargai waktu dengan memaksimalkan serta emmanfaatkan dengan efektif, suka belajar, berorganisasi, mampu bersosialisasi dan mendiseminasikan ilmu ke masyarakat, serta aktif dalam pembangunan masyarakat. (Slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.