Mengapa Business Plan Bermanfaat Bagi Wirausahawan ?

Menurut Megginson, Business plan is a written statement setting forth the business’s mission and objectives, its operational and financial details, its ownership and management structure and how it hopes to achieve its objectives (Megginson, 2000). Artinya Business plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Beberapa  5 alasan mengapa Business Plan harus dibuat dengan baik, yaitu (1) Business Plan adalah blueprint usaha anda, yang akan anda dan karyawan serta pihak-pihak yang bekerja sama dengan anda dalam operasionalnya. Dia akan membantu anda tetap kreatif dan fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. (2) Business Plan merupakan alat untuk mencari dana, sehingga berhasil dalam bisnis. (3) Business Plan adalah sarana komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana. Business plan akan membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional bisnis anda. (4) Rencana bisnis anda ini akan mempermudah anda menjalankan usaha dengan mengetahui langkah-­langkah praktis menghadapi persaingan, membuat promosi, sehingga lebih efektif. (5) Membuat pengawasan lebih mudah dalam operasionalnya, apakah mengikuti atau sesuai dengan rencana atau tidak (Sumber : http://dee-belajar.blogspot.co.id/)

Business  Plan  adalah sebuah rancangan dokumentasi tertulis yang dipersiapkan  oleh wirausaha, menggambarkan semua elemen internal dan eksternal yang relevan dalam memulai sebuah perusahaan baru. Selain itu juga berguna bagi perusahaan baru atau pengembangan bisnis yang sudah ada. Business  Plan yang baik adalah lengkap, singkat, terintegrasi, dipersiapkan kepada pembaca dan terotganisir.

Tujuan pembuatan Business  Plan ini adalah untuk mendefinisikan apa itu rencana bisnis dan siapa yang  mempersiapkannya, memahami cakupan dan nilai rencana bisnis bagi investor, pemodal, tenaga kerja, supplier dan konsumen., mengidentifikasikan kebutuhan informasi dan sumber daya dari setiap titik kritis rencana bisnis, sebagai penjelasan dari contoh langkah-langkah rencana bisnis dan memberikan pertanyaan berharga  bai pebisnis di setiap tahapan bisnisnya.  Kerangka atau outline Business  Plan adalah sebagai berikut (1) Halaman Pendahuluan , (2) Ringkasan Eksekutif, (3) Analisa Lingkungan dan Industri, (4) Penjelasan Perusahaan, (5) Rencana Produksi, (6) Rencana Operasional, (7) Rencana Pemasaran, (8) Rencana Organisasi, (9) Penilaian Resiko, (10) Rencana Keuangan, (11) Lampiran (INAPEN).  Business  Plan atau rencana bisnis adalah salah satu kunci keberhasilan seorang pengusaha. (Slh)

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.