Kick Off Meeting Pelatihan Inkubasi Bisnis Teknologi Puspitek Serpong

Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) FT UNY sebagai inkubator dan tenant yaitu CV Holstein Indonesia mendapat undangan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengikuti Kick Off Meeting Pelatihan Inkubasi Teknologi Puspitek serpong. Pelatihan Inkubasi Teknologi (IBT) di mulai dari tanggal 11 sampai 17 Oktober 2015 di Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (puspitek) serpong. Acara pada hari pertama adalah pembukaan yang dibuka oleh laporan Direktur Jendral Penguatan Inovasi yaitu tentang program dan KPI Program Inkubasi Bisnis Teknologi Kemenristek-Dikti tahun 2015. Selanjutnya mendapat arahan oleh menteri Ristek Dikti.

Tujuan utama pelatihan Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) adalah mengembangkan serta meningkatkan inovasi kreativitas teknologi, mencetak SDM tenaga profesional dan terampil dan dapat memberikan bimbingan serta mengelola tenant dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan pengusaha atau wirausahawan pemula untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Indonesia. Selain itu mendorong tenant untuk mengembangkan usahanya melalui inkubasi teknologi yaitu proses intermediasi antara pencipta teknologi dengan pengguna.

Acara selanjutnya adalah konsep dan pemahaman inkubator bisnis teknologi Asosiasi Inkubator Bisnis (AIBI) yaitu program inkubasi bisnis teknologi dalam perspektif peraturan presiden no. 27 tahun 2013. Berwirausaha adalah seseorang yang berani mengambil risiko. Apalagi usaha baru mengandung risiko mengalami kegagalan yang tinggi. Faktor risiko kegagalan usaha secara internal adalah komitmen sikap kewirausahawan lemah, kemampuan manajemen yang lemah dan secara eksternal adalah terbatas pada sumber pengadaan, teknologi dan pasar.

Kendati, hal ini dapat diantisipasi dengan proses sebagai berikut yaitu Inkubasi bisnis adalah suatu proses pengembangan, penguatan, peningkatan dan pencapaian keberhasilan dalam pertumbuhan yang brekelanjutan. Setelah pemahaman Asosiasi Inkubator Bisnis (AIBI) adalah pengelolaan anggaran dalam rangka inkubasi bisnis teknologi. Semua konsep serta pemahaman tersebut bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi.[slh]

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.