Hasil Diskusi Persiapan Pelatihan Produksi Bersama Tenant dan UPT LIPI

Pusat Pengembangan Technopreneurship Indonesia (PPTI) UNY bersama CV Holstein Indonesia dan para peneliti dari Unit Pelaksana Teknis Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia (UPT BPPTK) LIPI Gunungkidul telah melaksanakan diskusi untuk pra pelatihan produksi bioaditif. Pelatihan dibuka oleh Lusty Istiqomah S.Pt selaku kepala Laboratorium Pakan. Tujuan pelatihan tersebut adalah tenant dapat memproduksi serta menggunakan hasil produksi bioaditif.untuk meningkatkan hasil produksinya dengan cara yang mudah dan efisien.

foto day 1
Diskusi PPTI, LIPI dan CV Holstein Indonesia

 

Persiapan pelatihan produksi bioaditif dimulai dari pengenalan produk Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™ yang meliputi data produk, sistem produksi bahan, sistem penanganan, stok bahan baku, alat-alat yang digunakan, GMP, hukum dan legalitas secara teoritis oleh bapak Aang selaku moderator sekaligus salah satu pemateri dari lipi gunung kidul. Kegiatan pelatihan produksi bioaditif  untuk unggas dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 9 Oktober 2015 di UPT LIPI Gunungkidul.

Salah satu bioaditif yang dipilih adalah Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™. Imunno-Chick™ merupakan imbuhan pakan khusus untuk unggas yang berfungsi meningkatkan kekebalan ternak unggas terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit berak kapur. Sedangkan Herbalo-Mix™ berfungsi meningkatkan kekebalan ternak unggas terhadap infeksi parasit penyebab penyakit berak darah dan bakteri strain APEC penyebab kolibasilosis. Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™ ini merupakan salah satu produk unggulan dari UPT BPPTK LIPI Gunungkidul.  , Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™  tersusun dari bahan-bahan organik yang aman untuk ternak, sehingga tidak meninggalkan residu berbahaya pada produk hasil ternak (daging dan telur).

foto day 1_3
Gambar produk pakan organik Imunno-Chick ™ dan Herbalo-mix.

Hal ini berbeda dengan antibiotik sintetik yang umum digunakan dalam pakan unggas komersial. Antibiotik sintetik meninggalkan residu di produk unggas seperti telur dan daging, sehingga dalam jangka panjang berbahaya bagi manusia yang mengkonsumsinya, karena dapat menyebabkan resistensi antibiotik tertentu. Isu keamanan pangan menjadi nilai lebih dari kedua produk ini. Kelebihan dari produk Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™ adalah mampu meningkatkan imunitas ternak sehingga dapat menjadi penangkal dari berbagai macam penyakit, meningkatkan performa kualitas kuantitas hasil produksi tenant, menyediakan pakan sumber hewani dan menyediakan bahan yang aman tanpa bahan kimia. Sebaliknya, produk Imunno-Chick™ dan Herbalo-Mix™ ini juga terdapat kekurangan seperti harga lebih mahal karena terbuat dari bahan-bahan murni dari alam atau organik sehingga efek bagi mediatornya lambat atau butuh waktu.

foto day 1
Mesin Autocleve

CV. Holstein Indonesia diharapkan menjadi calon tenant yang akan memproduksi imbuhan pakan organik hasil penelitian LIPI, melalui PPTI sebagai inkubator teknologi, sehingga imbuhan pakan organik tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.[slh]

About the author: ppti

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.